Diberdayakan oleh Blogger.

Tujuan dan Asas Pemilu

Tujuan & Asas Pemilu - Pemilu (Pemilihan Umum) di Indonesia yang sarat nilai ini pasti mempunyai tujuan dan  asas. Kemudian, apakah tujuan & asas Pemilu di Indonesia itu? Langsung saja kita simak penjelasan di bawah ini.

Tujuan Pemilu

Terdapat beberapa Tujuan Pemilihan Umum yakni :
  • Memilih Wakil rakyat
  • Menentukan Presiden & Wakil Presiden
  • Memilih Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah)
  • Memilih Anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat)

Asas Pemilu

Asas Pemilu disingkat menjadi Luber dan Jurdil yakni :
  1. Langsung : Pemilihan Umum harus dilaksanakan secara langsung dan dipilih oleh rakyat.
  2. Umum : Pemilihan bersifat umum dan semua masyarakat mendapatkan hak pilih yang sama.
  3. Bebas :  Rakyat bebas memilih wakil rakyat. Rakyat tidak harus memilih berdasarkan ajakan teman atau saudaranya.
  4. Rahasia : Pemilihan Umum bersifat rahasia. Yang memiliki maksud hanya boleh diri kita sendiri yang mengetahuinya.
  5. Jujur : Pemilihan Umum harus dilaksanakan sesuai dengan aturannya agar setiap warga negara dapat memilih sesuai kehendaknya dan setiap suara memiliki nilai yang sama untuk menentukan Wakil Rakyat yang terpilih.
  6. Adil : Bahwa adanya perlakuan yang sama terhadap peserta Pemilu dan Pemilih tanpa adanya pengistimewaan terhadap orang lain.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Tujuan dan Asas Pemilu di blog Blog Faiz I. jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

17 komentar

wahhh bener juga tuh semua yang dari nomor satu sampai 6 :D :D maksih banyak ya gan

Balas

wah udah lupa nih , dulu sih hafal pas masih SMP-SMA soalnya sering keluar pas ujian PPKN, hehe sekarang uda lulus kuliah jd uda ga ingat lagiii

Balas

jadi keinget pelajaran pkn ..... tapi udah lupa.

Balas

Alhamdulillah membantu sekali mas artikelnya, kebetulan ada tugas tentang materi ini soalnya

Balas

wih nice post (y) artikel nya membantu

Balas

Oh jadi seperti itu ya tujuannya :D

Balas

mantep nih gan, kebetulan gua abis ukk, ada salah satu soal tentang ini nih,, keren sobb, update terus

Balas

dalam pemilu pokoknya harus LUBER JURDIL :) Keren gan post nya

Balas

teringat masa lalu tetang PKN
Nice gan (y)

Balas

sayang banget gan, pemilu sering diwarnai kecurangan

Balas

memang terbaik nih gan, saya baru tau nih, makasih banyak, hehehe tapi perasaan ini pernah di ajarin di smp kelas 2 gan

Balas

berbicara masalah politik, saya pas saja. apalagi sekarang lagi rame sepakbola merupakan ajang politik,

Balas

cocok nih buat belajar pengganti lks HEHE

Balas

pkn kelas 6 sd jadi inget masa lalu

Balas

bicara tujuan, memang pembicaraan yang panjang dan tidak ada habisnya :D

Balas

Catatan!
Berkomentar menyertakan link akan saya hapus atau bahkan saya golongkan sebagai "SPAM". Jika ingin menyertakan link, silakan menggunakan Komentar Name/URL yang telah disediakan.